Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Musim Hujan

Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Musim Hujan

Ada perawatan khusus yang harus dilakukan ketika musim hujan. Mengapa? Pada musim hujan, khususnya di negara tropis, udara akan cepat berganti suhu sehingga membuat kulit jadi lebih cepat kering. Kulit yang kering akan lebih rentan gatal-gatal atau iritasi. Untuk menjaga kesehatan kulit saat musim hujan, kamu bisa melakukan perawatan berikut.

  1. Jangan mandi terlalu lama

Saat mandi, khususnya jika menggunakan air hangat, suhu permukaan kulit akan turun sehingga pori-pori akan mengecil. Ketika pori-pori mengecil, kulit akan lebih cepat kering. Mandilah dengan durasi cukup 10-15 menit, agar kulit tetap lembap dan tidak cepat kering.

  1. Hindari produk perawatan kulit berbahan alkohol

Sebagian besar produk perawatan kulit baik sabun, penyegar, losion, mengandung alkohol. Kamu harus lebih cermat dalam memilih produk perawatan kulit, pilihlah yang tidak mengandung alkohol karena bahan ini dapat membuat kulit jadi lebih kering.

  1. Gunakan losion untuk pelembap

Disarankan setelah mandi dan mengeringkan kulit, aplikasikan losion pelembap agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Tapi ingat, pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol.

  1. Hindari pemakaian rias wajah berlebihan

Saat udara lembap, hindari menggunakan riasan wajah yang berlebihan. Misalnya, penggunaan alas bedak yang terlalu berat. Foundation atau alas bedak dapat menyumbat pori-pori dan ini akan menyulitkan kulit beradaptasi dengan suhu sekitar.

  1. Minum air putih cukup

Air putih diperlukan kulit agar tetap terhidrasi. Usahakan untuk selalu mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan kamu setiap harinya agar kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik.

  1. Menjaga asupan makanan

Selain minum air putih cukup, ada asupan lain yang kulitmu butuhkan untuk tetap sehat. Ya, perbanyaklah makan sayur dan buah yang baik untuk kesehatan kulit.

  1. Tetap gunakan tabir surya

Meski cuaca mendung, hujan, dan matahari tertutup awan, bukan berarti kulitmu aman dari paparan sinar UVA dan UVB. Matahari saat mendung tetap memancarkan sinar ultraviolet. Jadi, lindungi kulit wajah dan tubuh dengan tabir surya selama musim hujan sehingga kulit tetap terlindung dari efek buruk sinar UVA dan UVB.