Kenali Lebih Jauh Perbedaan Sunscreen vs Sunblock!

Kenali Lebih Jauh Perbedaan Sunscreen vs Sunblock!

Saat browsing untuk belanja produk perawatan kulit, kamu pasti menjumpai kata “sunscreen” dan “sunblock”, bukan? Kedua istilah ini bahkan sering digunakan untuk satu hal yang sama tanpa tahu kalau sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Walaupun keduanya sama-sama berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, cari tahu juga perbedaannya agar mudah menentukan sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit sesuai kegiatanmu, yuk!

 

Bagaimana sunscreen dan sunblock melindungi kulitmu?

Sama-sama memproteksi risiko negatif dari sinar UV, tapi sunscreen dan sunblock punya cara berbeda dalam melindungi kulit kamu, SolFriends!

  • Sunscreen: Merupakan jenis yang lebih umum ditemui sebagai perlindungan dari sinar UV. Umumnya, sunscreen menghalau sebagian besar sinar tersebut dari kulit, namun tidak seluruhnya.
  • Sunblock: Berbeda dengan sunscreen, sunblock merefleksikan sinar UV dari kulitmu dan mencegahnya untuk masuk ke dalam kulit.

 

Konsistensi sunscreen vs sunblock

Masing-masing tipe sunscreen dan sunblock menggunakan bahan berbeda untuk melindungi dari sinar UV yang bisa merusak kulit. Sebagian besar sunblock mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang juga aman digunakan untuk kulit sensitif atau pun anak-anak. Namun, bahan ini juga membuat krim dapat terlihat di permukaan kulit seperti lapisan tipis saat diaplikasikan. Bagi beberapa orang, hasil akhir penggunaannya mungkin tidak terlihat begitu bagus, SolFriends. Sedangkan sunscreen memiliki krim yang lebih ringan sehingga bisa menyerap dan terlihat menyatu dengan kulit.

 

Sunscreen atau sunblock, ya?

Keduanya memiliki fungsi yang sama dan saat ini sudah banyak produk yang mengombinasikannya untuk perlindungan yang lebih baik namun tidak berat di kulit. Selain itu, penggunaan istilah “sunblock” sudah dilarang oleh lembaga setingkat BPOM di US (FDA) sebagai bentuk perlindungan konsumen serta menghilangkan anggapan bahwa penggunaannya bisa 100% melindungi dari sinar UV. Jadi, kamu akan lebih banyak menjumpai “sunscreen” di pasaran saat ini, SolFriends!

 

Agar bisa melindungi secara efektif, sebaiknya pilih produk dengan SPF 30 ke atas, seperti Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++ atau Parasol Sunscreen Lotion with Skin Whitener SPF 45+ PA++. Kedua lotion pelindung kulit dari sinar UV ini juga water resistant, tidak lengket saat digunakan, dan sekaligus melembapkan kulit kamu dengan kandungan moisturizer. Cocok banget untuk perlindungan harian, deh! Agar perlindungan maksimal, jangan lupa untuk gunakan secara berulang setiap dua jam sekali.

 

Nah, sudah tahu, kan, apa saja perbedaannya? Yuk, mulai biasakan diri kamu untuk menggunakan sunscreen agar terlindung dari bahaya jangka panjang sinar UV. Cek juga produk Parasol Indonesia selengkapnya di sini, ya!