8 Tips Super Simpel untuk Kulit Bebas Jerawat

8 Tips Super Simpel untuk Kulit Bebas Jerawat

Jerawat pada kulit memang dapat mengganggu penampilan kamu. Jerawat muncul karena adanya produksi minyak alami di kulit yang berlebihan dan timbulnya peradangan pada pori-pori. Lalu, beberapa bakteri yang berasal dari luar juga bisa memperparah kondisi tersebut. Namun, jerawat tak hanya bisa muncul di kulit wajah saja, melainkan di semua permukaan kulit. Nah, agar penampilan selalu on point, yuk, simak beberapa tips kulit bebas jerawat yang bisa kamu terapkan sehari-hari!

 

  1. Bersihkan kulit wajah

Untuk mendapatkan kulit bebas jerawat, membersihkan sisa minyak berlebih, kotoran, dan keringat setiap hari sangat penting, SolFriends! Walaupun begitu, hindari untuk membersihkannya terlalu sering karena bisa memperparah jerawat. Sebaiknya, gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas alkohol. Lalu, gunakan juga air hangat dan usap sabun pembersih wajah dengan tangan secara perlahan.

  1. Ketahui jenis kulitmu

Semua orang bisa mengalami masalah jerawat, tak peduli apapun jenis kulitnya. Jika kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit non-comedogenic atau yang tidak menyumbat pori-pori agar kulit bebas jerawat, ya.

  1. Gunakan pelembap

Walaupun jerawat paling sering muncul pada kulit berminyak, namun bukan berarti kamu bisa mencoret moisturizer dari daftar skin care harianmu! Sebaliknya, jika kulit kering maka semakin memicu produksi minyak berlebih. Selain itu, kulit yang kering merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk hidup dan membuat peradangan semakin buruk.

  1. Pastikan tubuh terhidrasi

Tak hanya harus melembapkan dari dalam, kamu juga wajib menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik memicu produksi minyak, membuat kulit tampak kusam, serta menjadi awal dari inflamasi dan kulit kemerahan. Minum setidaknya 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu.

  1. Hindari make up tebal

Menggunakan make up sehari-hari boleh saja, namun kamu juga harus memperhatikan dampaknya bagi kulitmu, ya. Make up tebal dan cenderung menyumbat pori-pori bisa menimbulkan jerawat, terlebih jika kamu tidak membersihkannya dengan sempurna. Pilih produk make up yang tidak menyumbat pori sehingga bisa membuat kulit lebih bisa bernapas dan kulit bebas jerawat.

  1. Lindungi dari paparan sinar matahari

Beraktivitas di bawah sinar matahari bisa menimbulkan masalah lain pada kulit berjerawat. Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama bisa memicu kulit jadi lebih kering sehingga memicu produksi minyak alami yang menutup pori-pori. Agar kulit tetap terlindung, gunakan Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++ yang mengandung Vitamin E dan Aloe Vera, serta extra moisturizer agar kulit tetap lembap walaupun berada di bawah sinar matahari. Sunscreen juga bisa melindungi dari efek buruk sinar UV, seperti early aging dan juga sunburn. Aplikasikan setiap 2 jam sekali pada permukaan kulit untuk mendapatkan manfaat perlindungan agar kulit bebas jerawat, ya.

  1. Hindari memecahkan jerawat

Seringkali, godaan untuk memecahkan jerawat tidak tertahankan. Namun, memecahkan jerawat dengan tangan sebenarnya bisa menimbulkan pendarahan, luka, hingga infeksi. Terlebih, jika kamu tidak mencuci tangan sebelumnya.

  1. Kurangi menyentuh kulit wajah

Menyentuh kulit wajah yang berjerawat sangat tidak disarankan karena tangan dapat memindahkan bakteri ke wajah. Jika bakteri menginfeksi jerawatmu, maka peradangan yang cukup serius dapat terjadi, SolFriends.

 

Selain tips untuk kulit bebas jerawat di atas, apa lagi yang kamu lakukan agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah tersebut? Jangan lupa, perlindungan dan perawatan kulit sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Maka dari itu, selalu lakukan perawatan kulit dan juga jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga untuk memicu regenerasi kulit dari dalam.