Manfaat Berjemur untuk Kesehatan Kulit dan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Berjemur untuk Kesehatan Kulit dan Daya Tahan Tubuh

Sekarang ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan sinar matahari sebagai terapi untuk menghindarkan diri dari bahaya berbagai penyakit. Walaupun memiliki efek positif bagi tubuh, namun paparan sinar matahari dapat memberi dampak buruk jika kulit tidak mendapatkan perlindungan yang seharusnya. Yuk, cek apa saja manfaat berjemur untuk kesehatan kulit dan daya tahan tubuh!

 

Menurunkan tingkat stres

Beberapa tanda stres tinggi dapat berkurang dengan paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan mood serta membuat pikiran lebih tenang. Dengan tingkat stres yang rendah, maka daya tahan tubuh bisa meningkat dan juga berpengaruh pada penampilan kulit yang lebih cerah dan segar.

 

Tidur lebih nyenyak

Usai berjemur untuk kesehatan kulit dan daya tahan tubuh, pola dan kualitas tidur juga dapat membaik. Tak hanya itu, berjemur juga bisa membantu mengelola ritme sirkadian pada tubuh yang mengatur siklus tidur-bangun. Memiliki waktu tidur yang lebih teratur, maka tubuhmu memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat. Dengan begitu, daya tahan tubuh serta kondisi kulit bisa membaik.

 

Memberi manfaat vitamin D

Tak hanya berfungsi untuk memperkuat tulang saja, tapi vitamin D yang dihasilkan tubuh karena rangsangan sinar matahari juga punya dampak positif untuk kulit. Dengan memperoleh vitamin D yang cukup, maka proses penuaan dini dapat melambat sehingga menghasilkan kulit yang tampak awet muda lebih lama.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan meningkatnya kadar vitamin D dalam tubuh, maka daya tahan tubuh juga meningkat. Vitamin D juga mampu membantu tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit, termasuk masalah pada jantung, sklerosis otot, flu, dan beberapa penyakit autoimun hingga kanker.

 

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kulit dan juga daya tahan tubuh, namun masih ada bahaya yang mengintai, seperti efek buruk paparan sinar UV yang terlalu lama. Jika kulit dibiarkan terpapar sinar UV dalam waktu yang cukup lama dan tanpa perlindungan, maka bisa menyebabkan masalah kulit, seperti kering, kusam, mempercepat penuaan dini, hingga masalah kesehatan seperti kanker kulit. Agar bisa tetap berjemur untuk kesehatan kulit dan daya tahan tubuh, beri perlindungan kulit dengan Parasol Sunscreen. Penggunaan sunscreen seperti Parasol dapat mencegah sinar UVB merusak kulit. Selain itu, pastikan untuk berjemur selama 5-10 menit setiap harinya dengan perlindungan Parasol sunscreen, ya. Jadi, kamu tetap bisa berjemur tanpa ragu atau khawatir karena My Shine, My Friend!