Tanda Alergi Kulit Karena Skincare & Tips Mengatasinya

Tanda Alergi Kulit Karena Skincare & Tips Mengatasinya

Skincare sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kaum wanita, maupun pria. Banyaknya produk skincare yang bertebaran saat ini juga sering membuat kita penasaran dan ingin coba skincare baru yang sedang tren. Namun nyatanya, tidak semua skincare ‘cocok’ dengan kulit kita dan justru bisa menimbulkan alergi kulit. Menurut Web MD, dermatologis bersertifikasi Debra Jaliman, MD, produk kecantikan bisa menimbulkan masalah mulai dari ruam sederhana, hingga reaksi alergi yang menyeluruh. Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengalami ya alergi kulit karena skincare ya. Di bawah ini, kita akan bahas satu per satu, apa saja sih tanda alergi kulit dan tips memilih skincare yang cocok untuk kulitmu.

Tanda Alergi Kulit Karena Skincare

Jika kamu mengalami beberapa tanda di bawah ini, maka pastikan kamu langsung berhenti menggunakan skincare tersebut ya! Karena bisa saja kulitmu alergi terhadap beberapa kandungan yang ada di dalam skincare tersebut.

1. Muncul ruam merah

Hindari untuk memercayai pernyataan bahwa ruam merah adalah tanda kulit sedang beradaptasi dengan produk skincare. Nyatanya, kulit sedang “menjerit” karena tersiksa.

Biasanya, alergi skincare akan langsung muncul ketika diaplikasikan ke kulit, namun ada juga yang perlu beberapa jam barulah muncul tanda tersebut. Jika kamu menemukan muncul ruam merah setelah menggunakan produk skincare, maka segera hentikan pemakaian dan bersihkan wajah dari produk tersebut.

2. Terasa gatal

Gatal adalah respon selanjutnya ketika kulit tidak cocok dengan produk yang digunakan. Jadi jangan tunggu nanti, segera hentikan sebelum menimbulkan radang. Bisa jadi karena produk skincare tersebut mengandung bahan yang memicu alergi pada kulit.

3. Kulit kering dan mengelupas

Tanda lain yang menjadi sinyal bahwa kulitmu alergi terhadap produk skincare tertentu adalah ketika  kulit terasa sangat kering, kusam, bahkan sampai mengelupas. Bisa jadi, masalah ini disebabkan karena produk pembersih wajah yang digunakan mengandung acid yang tinggi.

4. Muncul jerawat

Bukan hanya faktor hormonal saja, penggunaan skincare yang tidak cocok juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Untuk memastikan penyebab jerawat adalah produk skincare tersebut, kamu bisa gunakan produk tersebut secara terus menerus selama 1-2 minggu. Jika jerawat makin banyak, berarti kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Jadi, stop penggunaannya dan berkonsultasilah ke dokter kulit.

5. Kulit terasa terbakar

Kulit sensitif biasanya menimbulkan respon yang cepat seperti kulit yang terasa panas seperti terbakar. Jika tanda ini sudah diberikan oleh kulitmu, pastikan kamu langsung berhenti menggunakan produk tersebut.

Tips Memilih Skincare yang Tepat & Aman untuk Kulit

Nah, agar kamu terhindar dari alergi kulit karena skincare, di bawah ini adalah beberapa tips memilih skincare yang bisa kamu terapkan.

1. Pilih skincare yang sesuai jenis kulit

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus membeli skincare sesuai jenis kulit kamu. Apakah kamu termasuk orang dengan kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit berminyak, atau kulit sensitif. Dengan mengetahui jenis kulit, maka kamu bisa mengetahui perawatan apa yang cocok dan tepat untuk kamu gunakan.

Untuk memastikan produk skincare-mu cocok dengan jenis kulitmu atau tidak, maka kamu bisa coba melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Cobalah ambil sedikit produk skincare kamu, dan usapkan ke kulit bagian belakang telinga.
  2. Kamu juga bisa coba mengoleskannya ke siku atau lengan bagian dalam.
  3. Tunggu selama 10-15 menit untuk melihat reaksi kulit terhadap skincare.
  4. Jika mengalami tanda-tanda alergi seperti yang disampaikan di atas, maka hentikan penggunaan produk.

Kulit belakang telinga dan siku bagian dalam tergolong lebih tipis sehingga sensitif terhadap produk atau bahan yang tidak cocok pada kulit.

Pastikan kamu melakukan tes kecocokan skincare setiap kali kamu hendak mencoba produk skincare yang baru. Kamu harus memastikan apakah produk tersebut cocok dan aman dengan kulit kamu.

2. Pastikan sudah terdaftar BPOM

Skincare yang aman adalah skincare yang sudah terdaftar di BPOM. Dengan mengantongi sertifikat BPOM, maka dapat dipastikan skincare tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.

3. Pilih produk yang mengandung sunscreen

Sinar UV atau sinar matahari berlebih bisa berdampak pada kulit, seperti flek, noda hitam, kulit menghitam, hingga penuaan dini. Untuk itu, pastikan skincare yang kamu gunakan mengandung sunscreen yang bisa melindungi kamu dari bahaya sinar UV A, UV B atau pun UV C.

Itulah beberapa tanda alergi kulit dan tips memilih produk skincare yang tepat. Nah, kamu tidak perlu khawatir jika kamu menggunakan produk PARASOL. Karena, produk ini telah diproduksi langsung oleh perusahaan farmasi kulit yang juga memproduksi produk-produk yang diresepkan oleh dokter kulit, sehingga aman dan tepercaya, bisa membantu kamu menjaga dan melindungi kesehatan kulit.

Jadi tunggu apalagi? Beli sunscreen dari PARASOL sekarang untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari sekarang!