Pakai Masker Kain Bisa Melindungi Kulit dari Sinar UV?

Pakai Masker Kain Bisa Melindungi Kulit dari Sinar UV?

Di masa pandemi ini, semakin banyak jenis masker kain yang beredar di pasaran. Model, warna, dan corak beragam membuat masker kain bukan hanya sebagai pencegah penularan COVID-19 saja, tapi juga mendukung penampilan sehari-hari. Tapi, ada anggapan yang beredar kalau dengan pakai masker kain, maka kamu juga akan terlindung dari bahaya sinar UV. Wah, benar atau tidak, ya, SolFriends? Cari tahu, yuk!

 

Pakaian melindungi dari sinar UV?

Segala jenis pakaian yang kamu gunakan untuk menutupi kulit sebenarnya bisa saja melindungi dari sinar UV, tapi tidak sepenuhnya. Selain itu, bukan sembarang pakaian yang bisa melindungi. Setidaknya, pakaian yang kamu kenakan harus memenuhi standar minimal UPF 30. Jika di bawah itu, tentunya tidak bisa dianggap sebagai pelindung sinar UV yang efektif, ya, SolFriends! Mudahnya, jika sinar matahari masih bisa ditembus sinar matahari, maka kamu tetap berisiko terkena bahayanya.

 

Apa itu UPF?

UPF atau Ultraviolet Protection Factor mengindikasikan seberapa besar radiasi sinar UV bisa menembus kain menuju kulitmu. Seperti halnya SPF, semakin besar nilai UPF, maka semakin efektif pula perlindungannya. Misalnya saja jika kamu menggunakan kain yang memiliki nilai UPF 50, maka bisa membantu memproteksi dari 98% sinar UV. Tapi, tidak semua mengetahui nilai UPF dari bahan yang dipakai, bukan?

 

Jenis kain yang bisa kamu gunakan

Tidak semua pakaian atau masker kain memiliki kemampuan melindungi yang sama, SolFriends. Warna gelap atau cerah dapat menghalau sinar UV menembus ke kulitmu. Selain itu, kain dengan kerapatan tinggi, seperti denim, wol, kanvas, atau serat sintetis lebih sulit ditembus sinar UV. Tapi hati-hati, kain yang basah atau lembap bisa berkurang efektivitasnya karena menjadi lebih transparan sehingga sinar UV bisa menembus melalui sela-sela di tiap benangnya.

 

Double protection

Walaupun masker kain dengan ketebalan dan nilai UPF tertentu bisa membantu melindungi kulit, tapi bukan berarti kamu harus mencoret rutinitas menggunakan sunscreen, ya. Penggunaan sunscreen tetap dibutuhkan sebagai perlindungan ganda meski wajah tertutup masker kain. Hal ini disebabkan sinar UV tetap bisa menembus tanpa kamu sadari. Better stay protected from the sun than sorry, right?

 

Nah, sudah tahu, kan, bahwa walaupun kulit tertutup masker kain selama pandemi ini, tapi bukan berarti kamu terbebas dari efek negatif sinar UV, SolFriends! Tetap gunakan Parasol Sunscreen Lotion with Whitener SPF 45 PA++ untuk perlindungan ekstra! Cek sunscreen dari Parasol Indonesia lainnya juga, ya!