5 Mitos Seputar Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui Faktanya

5 Mitos Seputar Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui Faktanya

Sunscreen itu penting buat perlindungan kulit! Membahas sunscreen memang enggak ada habisnya, mulai dari jenis, kadar SPF, efektivitas, hingga mitos! Tahukah kamu, ternyata ada beberapa mitos sunscreen yang membuat beberapa orang salah paham tentang penggunaannya sehari-hari. Kira-kira apa saja, ya, mitosnya dan apa fakta di baliknya? Cek di sini, yuk!

 

  1. SPF Besar Melindungi Lebih Maksimal

MITOS!

Setinggi apapun SPF dari sunscreen yang kamu gunakan, kamu tetap bisa terpapar bahaya sinar UV. Kandungan SPF merujuk pada kemampuan sunscreen untuk menghalau radiasi sinar UVB yang menjadi penyebab sunburn hingga kanker kulit, dan juga sinar UVA yang dapat mempercepat penuaan dini. Saat diaplikasikan secara tepat, SPF 15 dapat melindungi sekitar 93%, SPF 30 sekitar 97%, SPF 50% sebanyak 98%, dan SPF 100 dapat membantu melindungi dari 99% sinar UV. Jadi, jangan berpikir kalau menggunakan sunscreen dengan SPF besar berarti kamu sudah terlindungi sepenuhnya, ya.

 

Baca juga: Apa Bedanya Angka SPF di Sunscreen Kamu?

 

  1. Sunscreen Menurunkan Kadar Vitamin D dalam Tubuh

MITOS!

Tubuh enggak memproduksi Vitamin D terus menerus selama terkena sinar matahari, SolFriends! Jika tubuh sudah terpapar sinar matahari selama kurang lebih 15 menit, maka tubuh akan berhenti memproduksinya. Namun bila kamu enggak bisa berada di bawah sinar matahari selama 15 menit, maka kamu bisa mengonsumsi makanan kaya akan Vitamin D, seperti tuna, makarel, keju, atau salmon.

 

  1. Enggak Butuh Sunscreen Saat Menggunakan Baju Lengan Panjang

MITOS!

Pakaian yang kamu kenakan enggak bisa sepenuhnya melindungi dari sinar UV. Jika bahan pakaian masih bisa ditembus sinar, maka kulitmu enggak terbebas dari bahaya sinar UV! Selain itu, pakaian yang basah atau berwarna terang semakin mengurangi efektivitas “perlindungan” oleh pakaianmu. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen tetap diperlukan walaupun kamu menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh.

 

  1. Cukup Gunakan Sunscreen Satu Kali Sehari

MITOS!

Banyak yang berpikir bahwa sunscreen dapat bertahan seharian setelah satu kali pengaplikasian. Padahal, sunscreen dapat berkurang efektivitasnya karena terkena air atau terlalu lama terkena sinar matahari. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan ulang setiap dua jam sekali agar sunscreen tetap bisa melindungi secara maksimal. Jangan lupa, pilih sunscreen Parasol yang mampu membantu memproteksi kulitmu!

 

  1. Semua Sunscreen Sama

MITOS!

Setiap sunscreen memiliki kandungan SPF serta manfaat tambahan yang berbeda. Misalnya saja Parasol Sunscreen Lotion with Whitener SPF 45 PA++ bisa melindungi dari sinar matahari dengan SPF 45 sekaligus mencerahkan kulit. Lain lagi dengan Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++ dengan bentuk spray sehingga mudah untuk mengaplikasikan ulang, terutama buat kamu yang gemar berolahraga di bawah sinar matahari.

 

Itulah beberapa mitos seputar sunscreen yang banyak beredar, SolFriends! Sekarang kamu sudah tahu, kan, fakta dibalik mitos-mitos tersebut? Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk sunscreen dari Parasol sehari-hari, ya! Mana mitos yang baru kamu ketahui?