Skincare dengan Kandungan SPF Apa Sudah Cukup Untuk Melindungi Kulit? Temukan Faktanya Di Sini

Skincare dengan Kandungan SPF Apa Sudah Cukup Untuk Melindungi Kulit? Temukan Faktanya Di Sini

 

Tak hanya industri teknologi, industri kecantikan pun kini ikut mengalami perkembangan pesat, khususnya di perawatan kulit. Inovasi yang hadir pun tak lepas dari situasi dunia yang tengah mengalami masa transisi new normal. Setelah dua tahun lamanya, kini orang-orang mulai berpergian ke luar rumah, dan menjalankan rutinitasnya di luar rumah. Cuaca yang tidak menentu pun menjadi masalah bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Kadang panas terik, kadang hujan, dan kadang tidak ada hujan sama sekali. Panas terik yang seringkali menerpa pun tidak baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, kamu perlu perlindungan lebih pada kulit, dengan memakai produk kecantikan yang mengandung SPF (Sun Protection Factor).

 

Saat ini, banyak skincare yang mengandung SPF di setiap produknya. Dengan harapan, skincare tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Seakan jadi Benchmark tersendiri bagi produk skincare yang mengandung SPF, dan yang tidak mengandung SPF. Persaingan antar brand skincare saling berlomba-lomba mengeluarkan produk skincare yang mengandung SPF. 

 

Apakah efektif jika hanya menggunakan skincare yang mengandung SPF?

Faktanya, kandungan SPF pada skincare pun tidak cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV. Karena, kandungan SPF pada skincare hanya bisa melindungi kulit dari sinar UVB, bukan sinar UVA yang lebih berbahaya dari sinar UVB. Sinar UVB dapat menyebabkan rusaknya lapisan luar kulit, serta sensasi terbakar matahari. Untuk sinar UVA, efek yang ditimbulkan bisa lebih berbahaya untuk kulit. Sinar UVA bisa menembus lapisan kulit, penuaan dini, merusak kandungan kolagen pada kulit, bahkan efek terparahnya dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Fyi, sinar UVA juga bisa menembus kaca jendela mobil, dan rumah, lho!




Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk perlindungan lebih untuk kulit, kamu bisa menggunakan sunscreen sebelum menggunakan skincare. Sunscreen memiliki kandungan SPF yang cukup beragam. Mulai dari SPF 15, 30, hingga 50. Gunakan sunscreen sesaat sebelum mulai beraktivitas, agar kulit wajah terhindar dari sinar UVA dan UVB. Kamu bisa mengaplikasikan sunscreen di area wajah, leher, dan belakang telinga. Untuk anjurannya, gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30. Kandungan SPF 30 atau lebih pada sunscreen, dapat menyaring 97% sinar UV. Untuk pilihan sunscreen, kamu dapat memilih sunscreen dengan keterangan “Broad Spectrum” yang dapat menangkal UVA dan UVB sekaligus. 

 

Jadi, kamu bisa lebih nyaman dalam menjalani aktivitas, tanpa takut lagi kulitmu terkena dampak negatif dari sinar UVA dan UVB.