4 Cara Reapply Tanpa Merusak Make Up Wajah

4 Cara Reapply Tanpa Merusak Make Up Wajah

Sunscreen atau tabir surya merupakan rangkaian perawatan dasar yang wajib kamu gunakan untuk melindungi kulit dari paparan efek buruk sinar matahari. Penggunaan sunscreen dengan tepat dan benar juga bisa membantu kamu mencegah kanker kulit hingga tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya bintik hitam atau garis halus pada wajah.

Selain itu, sunscreen juga memiliki peran penting dalam memaksimalkan kinerja rangkaian skincare lainnya yang telah kamu gunakan di pagi maupun malam hari. Namun, ternyata masih banyak orang yang salah menggunakan sunscreen dengan benar, sehingga  manfaat yang didapatkan kulit pun menjadi kurang maksimal. Lalu bagaimana cara menggunakan sunscreen yang benar? Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu perhatikan agar mendapatkan hasil maksimal pada kulit cantikmu.

 

Pilih Sesuai SPF yang Dibutuhkan

Sunscreen memiliki kandungan SPF yang berbeda-beda. Sehingga, sebelum menggunakannya, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan kandungan SPF yang akan kamu gunakan. Sunscreen memiliki berbagai jenis SPF, semakin tinggi angka SPF, semakin lama pula efek proteksi dari tabir surya tersebut. Selain waktu perlindungan dari sinar UV, angka SPF juga mengacu pada seberapa banyak sinar UV dapat diblokir oleh tabir surya. Orang yang tinggal di daerah beriklim tropis atau wilayah sekitar garis khatulistiwa, misalnya Indonesia, perlu rutin menggunakan tabir surya saat beraktivitas di bawah terik matahari. Tabir surya yang disarankan untuk digunakan di daerah tropis adalah tabir surya dengan SPF minimal 30.

SPF minimal 30 yang mampu memberikan perlindungan hingga 97% akibat UVB. Biasanya, jenis SPF 30 cocok digunakan untuk kamu yang bekerja atau beraktivitas di dalam ruangan. Sedangkan untuk aktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 45 yang dapat memproteksi hingga 98%. Semakin tinggi level SPF yang digunakan maka semakin tinggi efektivitasnya lama pula efek proteksi dari sunscreen tersebut.

Gunakan Sebelum Beraktivitas

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada baiknya kamu menggunakan sunscreen mulai pagi hari, minimal 15-30 menit sebelum keluar rumah. Selain itu, sunscreen juga harus tetap kamu gunakan meski kamu aktivitas di dalam ruangan, pada malam hari, atau ketika cuaca mendung bahkan hujan sekalipun. Karena risiko paparan sinar UV masih tetap ada dan kadarnya tidak jauh berbeda ketika cuaca cerah.

Pastikan juga untuk membatasi paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit, terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Di mana paparan UV sangat tinggi pada jam tersebut.

Aplikasikan Dua Jari

Banyak yang mengira-ngira ketika ingin menggunakan sunscreen pada kulit wajah. Bahkan ada yang menggunakannya secara berlebih demi mendapatkan hasil maksimal. Hal ini tentu salah dan tidak dibenarkan. Kamu bisa mengukur berapa banyak sunscreen yang digunakan dengan dua jari (telunjuk dan tengah), dengan menggunakan takaran ini kamu sudah bisa menutupi seluruh wajah hingga leher. Selain itu, bagi kamu yang menggunakan sunscreen liquid atau spray, pastikan kamu mengocok terlebih dulu agar partikel di dalamnya tercampur sempurna.

Perhatikan Area yang Memerlukan Sunscreen

Dalam penggunaan sunscreen, ada baiknya kamu juga memperhatikan area mana saja yang perlu dioleskan sunscreen. Biasanya, kebanyakan orang akan fokus pada wajah saja, namun melupakan area atau bagian leher dan telinga. Jadi sebaiknya kamu menggunakan sunscreen mulai dari wajah, leher, hingga telinga dan dioleskan secara merata.

Jangan Lupa Re-apply

Penggunaan sunscreen tidak sebatas digunakan satu kali sebelum keluar rumah atau beraktivitas. Namun, kamu perlu re-apply atau mengulangi pemakaian agar kulit terjaga maksimal. Hal ini karena ketahanan SPF yang terdapat pada sunscreen memiliki batasan waktu, sehingga kamu perlu melakukan re-apply  setiap 2 jam sekali atau sebelum 2 jam.

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin berenang atau bermain air, karena ketika bermain air, sunscreen akan semakin menipis. Bagi kamu yang menggunakan makeup dan tak ingin menghapusnya, kamu bisa menggunakan produk sunscreen semprot seperti mist ataupun yang menyerupai bedak tabur untuk re-apply yang lebih praktis.

Penggunaan Sunscreen Sesudah Moisturizer

Bagi kamu yang juga ingin menggunakan moisturizer untuk mengunci kelembapan pada kulit, maka kamu bisa menggunakannya terlebih dulu. Barulah setelah itu kamu menggunakan sunscreen untuk mengoptimalkan skincare sebelumnya. Karena pada dasarnya kulit harus terlebih dulu dijaga kelembapannya, kemudian diberi proteksi di bagian lapisan teratas yang lebih mudah terpapar sinar matahari.

Itulah beberapa cara menggunakan sunscreen yang benar. Jadi, jangan ada lagi kesalahan dalam penggunaan sunscreen ya! Dengan penggunaan sunscreen yang benar, maka kulitmu bisa terlindungi dengan baik, sekaligus membantu rangkaian skincareyang kamu gunakan bekerja secara optimal.

Kamu bisa memilih produk sunscreen Parasol yang memiliki berbagai jenis kandungan SPF yang dibutuhkan. Mulai dari SPF 25, 30, hingga SPF 45 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulitmu. Selain itu, Parasol juga memiliki jenis sunscreen sprayyang memudahkan kamu melakukan re-apply tiap 2 jam tanpa harus menghapus makeup. Rasakan keunggulan produknya sekarang dengan beli produknya melalui e-commerce kesayanganmu.